Sunday, July 19, 2009

Memulai Bisnis di Internet dengan Blog

Posted by dav On 3:36 AM
Blog semula berfungsi sebagai diary (buku catatan harian) seseorang, tapi kini telah mengalami paradigma baru kearah yang lebih dari sekedar catatan. Kepopuleran blog menggeser dominasi website konvensional, hal ini karena blog merupakan platform website yang dinamis, yang selalu up-to-date sesuai dengan apa yang ada dalam pemikiran sang pemilik blog.
Memulai Bisnis di Internet dengan Blog
Beberapa tahun kebelakang blog tidak lebih dari hanya tempat untuk mencurahkan isi pikiran sang pemiliknya tapi sekarang berubah menjadi raksasa penguasa internet dengan berbagai informasi, imajinasi, kreatifitas, ide dan hal lain yang sangat menarik untuk dikaji. Pengaruh dan kepopuleran blog membuat platform ini mampu dijadikan sebagai wahana untuk memperoleh lembar demi lembar uang yang bergulir hingga trilliunan dollar di internet. Para pelaku bisnis mulai membidik blog sebagai sarana untuk mempromosikan suatu produk kepada calon konsumennya dan hal ini ternyata lebih efektif dan efisien dari pada menggunakan metode promosi konvensional yang sudah bisa dipastikan lebih banyak menguras resource (waktu dan finansial). Berbagai jenis bisnis internet pun muncul di dunia maya, para pelaku bisnis dan konsumen sudah tidak ragu lagi melakukan proses transaksi secara online. Hal inilah yang membuat internet berkembang cepat dan pesat, bisnis melalui internet sudah bukan lagi sekedar lamunan belaka tetapi sudah benar-benar menjelma menjadi suatu kenyataan yang tidak bisa dipungkiri. Orang dengan optimis memulai bisnis di internet dan perlahan tapi pasti semua yang tadinya hanya bisa dilakukan didunia nyata kini benar-benar menjadi kenyataan di dunia maya. Blog berubah menjadi kantor pengganti (virtual office) untuk menciptakan dan mengatur suatu bisnis yang mampu menghasilkan lembaran uang bahkan menjadikan seseorang kaya secara materi dengan hanya bermodal blog.

Perhatian!
Artikel ini hanya untuk konsumsi pemula, untuk para blogger senior mungkin artikel ini tidak bermanfaat dan silahkan berpindah ke artikel lain.

Bagi pemula ada banyak pertanyaan yang dikemukakan ketika akan mencoba berbisnis di internet. Pertanyaan-pertanyaan berikut mungkin bisa mewakili kebingungan untuk memulai bisnis di internet. Telah dijelaskan pada artikel sebelumnya (Berkenalan dengan Bisnis di Internet) bahwa seorang blogger pun bisa membuat blog-nya sebagai sarana penghasil uang dengan mengikuti berbagai teknik bisnis di internet. Simak pertanyaan berikut untuk mengubah hutan belantara dunia maya menjadi sebuah kota maya yang indah (Terima kasih untuk Identy dan Mahdalena yang telah mengajukan beberapa pertanyaan mengenai bisnis di internet).
Pertanyaan.: Apa yang dibutuhkan untuk memulai bisnis di internet?
Jawaban.....: Blog dan ilmu.
Pertanyaan.: Berapa biaya yang diperlukan untuk membuat blog?
Jawaban.....: Mulai dari gratis sampai tidak terhingga.
Pertanyaan.: Yang gratis dimana? Dan yang berbayar dimana?
Jawaban.....: Rekomendasi gratis blogspot.com dan wordpress.com, janganlah dulu melangkah ke yang berbayar sebelum kita menguasai teknik manajemen blog.
Pertanyaan.: Setelah punya blog, apa yang kita lakukan selanjutnya terhadap blog kita?
Jawaban.....: Menulis artikel.
Pertanyaan.: Artikel mengenai apa? Fiksi atau non fiksi?
Jawaban.....: Artikel mengenai suatu ilmu yang kita kuasai, rekomendasi non fiksi tetapi bisa juga fiksi.
Pertanyaan.: Dari mana kita menghasilkan uang?
Jawaban.....: Dari pemasang iklan atau dari artikel itu sendiri, coba baca lagi artikel sebelumnya.
Pertanyaan.: Kenapa mereka mau membayar kita?
Jawaban.....: Karena kita ikut mempromosikan produk mereka.
Pertanyaan.: Bagaimana perhitungan mereka (advertiser) untuk membayar kita?
Jawaban.....: Tergantung peraturan advertiser atau tergantung kesepakatan bersama antara pemilik blog dengan pemasang iklan (advertiser).
Pertanyaan.: Bagaimana teknik pembayarannya?
Jawaban.....: Secara online melalui virtual bank, virtual credit card atau yang sejenis dan atau secara offline melalui check atau transfer ke rekening bank pribadi secara langsung.
Pertanyaan.: Apakah mereka (advertiser) jujur?
Jawaban.....: Bisa ya bisa tidak, dalam hal ini banyaklah belajar dan ikutilah program periklanan yang sudah di rekomendasikan para blogger senior dan terbukti jujur dalam perhitungan dan pembayaran. Rekomendasi Google Adsense.
Pertanyaan.: Apalagi ya?
Jawaban.....: Tidak tahu... :-)
Pertanyaan.: Oh ya... Artikelnya menggunakan bahasa Indonesia?
Jawaban.....: Bisa ya bisa juga tidak, rekomendasi menggunakan bahasa Inggris.
Pertanyaan.: Kenapa harus menggunakan bahasa Inggris?
Jawaban.....: Karena bahasa Inggris adalah bahasa yang banyak digunakan dan menyeluruh sehingga siapapun dapat membaca dan mengerti tentang artikel yang kita buat. Dan program periklanan yang sudah terbukti menghasilkan uang banyak mengharuskan kita membuat artikel berbahasa Inggris.
Pertanyaan.: Kenapa dengan artikel berbahasa Indonesia?
Jawaban.....: Tidak tahu... :-)
Pertanyaan.: Lho katanya bisa ya bisa tidak, kalau ya bagaimana?
Jawaban.....: Sebab jika kita membuat artikel dengan bahasa Indonesia targetnya hanya mereka yang mengerti bahasa Indonesia dan ini kurang universal, sehingga para pemasang iklan tidak bersedia jika artikel yang dibuat menggunakan bahasa Indonesia, target pasarnya terlalu sempit.
Pertanyaan.: Kenapa artikel berbahasa Indonesia target pasarnya sempit?
Jawaban.....: Asumsinya begini, jumlah pengguna internet yang mengerti bahasa Indonesia ada 1000 orang, para pengunjung (pembaca) blog kita 1000 orang per hari dan dari 1000 pengunjung tersebut 10 diantaranya tertarik dengan iklan yang ada di blog kita hingga melakukan transaksi dengan pihak perusahaan yang memasang iklan di blog kita, harga kesepakatan iklan misalnya, jika terjadi 1 kali transaksi maka kita dibayar Rp. 1000,- sedangkan dalam hari tersebut terjadi 10 transaksi maka penghasilan kita hari itu adalah Rp. 1000,- x 10 = Rp. 10.000,-. Seandainya blog kita menggunakan bahasa Inggris tentunya jumlah pengunjung bisa lebih dari 1000 per hari dan kita bisa menghitung sendirikan???
Pertanyaan.: Ya... Kalau begitu kita juga harus mempromosikan blog kita agar pengunjungnya banyak?
Jawaban.....: Ya... Berarti sudah mulai mengerti?
Pertanyaan.: Ya... Bagaimana kita mempromosikan blog kita?
Jawaban.....: Ada banyak cara dan faktor-faktor yang harus dikuasai untuk mempromosikan blog kita. Masalah ini akan kita bahas lain waktu.
Pertanyaan.: Mau kemana?
Jawaban.....: Sudah dulu ya...? Aku ngantuk mau tidur dulu... Selamat menunggu...
Pertanyaan.: Ya...
Jawaban.....: Hah...
Pertanyaan.: (censored...)
Ma'af tanya jawab tidak bisa dilanjutkan...
Mudah-mudahan artikel diatas dapat membantu untuk memahami tentang bisnis internet melalui blog. Jika ada hal yang perlu ditanyakan silahkan tinggalkan pertanyaan dalam kotak komentar dibawah. Happy Blogging... :-)