Sunday, July 26, 2009

Konfigurasi SyntaxHighlighter pada Blogger

Posted by dav On 12:42 AM
Bagaimana persetubuhan [ops... integrasi maksudnya] SyntaxHighlighter dengan Blogger pada artikel sebelumnya? Pasti sexy dan sangat menggairahkan...? [tembak keyword jelek nih... :)]. Setelah proses integrasi SyntaxHighlighter pada blogger berjalan sempurna, artikel kali ini akan menyuguhkan konfigurasi SyntaxHighlighter yang sesuai dengan kebutuhan. Disinilah letak perbedaan SyntaxHighlighter versi 2.0.230 dengan versi sebelumnya. Lebih banyak parameter tetapi semakin bagus untuk menampilkan sourcecode, lebih lengkap, lebih enak dipandang dengan warna yang sejuk.
Ada 3 jalan untuk meng-konfigurasi SyntaxHighlighter, yaitu :

1. SyntaxHighlighter.config
SyntaxHighlighter.config memiliki nilai konfigurasi yang berlaku umum untuk semua elemen halaman dan tidak digunakan untuk elemen tunggal. Konfigurasi ini berlaku global yang berpengaruh pada semua elemen halaman. Dibawah ini nilai konfigurasi config :
NamaNilaiKeterangan
bloggerModetrueIntegrasi dengan Blogger. Jika kita pengguna blogger.com, maka ini harus diaktifkan dengan nilai "true". Nilai "false" tidak diaktifkan.
clipboardSwfnullFungsi fasilitas clipboard. Jika hal ini perlu untuk diaktifkan maka tentukan lokasi URL penempatan file "clipboard.swf" melalui nilai konfigurasi clipboardSwf. Jika nilai ini tidak ditentukan maka icon clipboard tidak akan tampil.
stripBrsfalseJika secara otomatis blogger.com menambahkan tag <br/> di setiap akhir baris kode, option ini harus diaktifkan untuk menghapusnya secara otomatis.
toolbarItemWidth16Lebar dari icon didalam toolbar. Jika kita ingin mengubah ukuran toolbar maka harus merubah lebar icon melalui nilai dari konfigurasi toolbarItemWidth.
toolbarItemHeight16Tinggi dari icon didalam toolbar.
Tabel diatas menunjukan konfigurasi SyntaxHighlighter.config, hal ini pernah dicontohkan pada artikel sebelumnya (baca kembali "Integrasi SyntaxHighlighter pada Blogger" pada pada Langkah 9).
Dibawah ini contoh jika kita gunakan secara keseluruhan dari SyntaxHighlighter.config:
<script type="text/javascript">
SyntaxHighlighter.config.bloggerMode = true;
SyntaxHighlighter.config.clipboardSwf = 'URL/clipboard.swf';
SyntaxHighlighter.config.stripBrs = true;
SyntaxHighlighter.config.toolbarItemWidth = 16;
SyntaxHighlighter.config.toolbarItemHeight = 16;
SyntaxHighlighter.all();
</script>
2. SyntaxHighlighter.default
SyntaxHighlighter.default memiliki nilai konfigurasi yang berlaku terbatas hanya untuk elemen halaman tertentu saja. Dibawah ini nilai konfigurasi default :
NamaNilaiKeterangan
auto-linkstrueUntuk mengarahkan pendeteksian terhadap kaitan (link) dengan penanda (highlight) elemen on atau off. Jika option ini di matikan (off), URL tidak akan bisa di-klik. Klik disini untuk demo.
class-name'' Untuk menambahkan sebuah penyesuaian class (atau beberapa class) pada setiap penanda (highlight) elemen yang akan dibuat pada halaman. Klik disini untuk demo.
collapsefalse Untuk memaksa penanda (highlight) element pada halaman untuk disembunyikan dalam lipatan (collapse) sebagai default. Klik disini untuk demo.
first-line1 Untuk mengubah awal penomoran baris. Klik disini untuk demo.
font-size'100%' Untuk mengubah ukuran huruf dengan mudah didalam penanda elemen halaman tanpa mempengaruhi sekitarnya dengan menambahkan CSS. Klik disini untuk demo.
guttertrue Untuk mengatur gutter (penanda pinggir) dengan penomoran baris on dan off. Klik disini untuk demo.
highlightnull Untuk menyoroti (highlight) satu atau lebih baris untuk memfokuskan perhatian pengguna. Ketika menetapkan sesuatu parameter, kita dapat melewati secara acak dengan mengatur nilai, seperti [1,4,6] atau hanya sebuah nomor untuk satu baris. Klik disini untuk demo.
html-scriptfalse Untuk menyoroti percampuran code HTML/XML dan script yang biasanya sering digunakan pengembang web. Setingan nilai ini sangat membutuhkan (requires) pemanggilan shBrushXml.js dan brush untuk mendukung fasilitas ini. Klik disini untuk demo.
lightfalse Untuk menon-aktifkan toolbar dan gutter dengan properti tunggal. Klik disini untuk demo.
rulerfalse Untuk menampilkan kolom penggaris pada bagian atas. Klik disini untuk demo.
smart-tabstrue Untuk mengatur fasilitas tabulasi pintar. Klik disini untuk demo.
tab-size4 Untuk mengatur ukuran tabulasi. Klik disini untuk demo.
toolbartrue Tombol toolbar on/off. Klik disini untuk demo.
wrap-linestrue Untuk mengatur fasilitas perpindahan baris (wrapping). Klik disini untuk demo.
Contoh konfigurasi SyntaxHighlighter.default:
<script type="text/javascript">
SyntaxHighlighter.config.bloggerMode = true;
...
SyntaxHighlighter.default.wrap-lines = false;
SyntaxHighlighter.default.collapse= true;
SyntaxHighlighter.default.auto-links= true;
SyntaxHighlighter.default.ruler= true;
</script>
3. Parameter
Teknik parameter mengijinkan penyesuaian terhadap penanda elemen (highlight) tunggal sesuai keinginan kita. Kunci/nilai tertentu diatur hampir sama dengan format untuk CSS, tetapi hanya berpengaruh pada style atribut tertuju, hal ini bisa digunakan bersama-sama dengan deklarasi brush melalui atribut class. Teknik ini adalah teknik yang paling disukai sebagian pengguna SyntaxHighlighter termasuk Blogger TuneUp.
Contoh setting teknik parameter :
<pre class="brush: js; ruler: true; first-line: 10; highlight: [2, 4, 6]; wrap-lines: false; collapse: true">...</pre>
Lebih jauh mengenai cara konfigurasi SyntaxHighlighter praktis silahkan lihat dan pelajari melalaui demo disini. Mudah-mudahan artikel kali ini memberikan gambaran penggunaan SyntaxHighlighter yang lebih mendalam. Selamat mencoba dan Happy Blogging... ;-)