Monday, July 13, 2009

Cegah Translator Artikel Blog Ilegal

Posted by dav On 1:27 AM
Hal ini berawal dari kekesalan dan kekecewaan terhadap blogger lain. Suatu hari Blogger TuneUp mencoba kembali Chat di YM! karena permintaan salah satu pembaca setia Blogger TuneUp untuk membantu melakukan beberapa tips trik blogger hack dari artikel Blogger TuneUp. Ketika terjadi tanya jawab muncul seseorang bergabung dan minta untuk ditambahkan. Tanpa pikir panjang saya menambahkan dia menjadi teman dalam daftar teman (Friend List).
Seorang blogger tersebut ternyata berasal dari negara tetangga yang baru-baru ini gencar diberitakan media televisi sedang membasmi para militan dinegara tersebut. Kemudian percakapan berlanjut dengan tukar informasi yang sebagian besar tidak nyambung karena memang blogger tersebut kurang fasih berbahasa Inggris (sama dengan penulis), tukar alamat blog dan saling menjadi follower.
Cegah Translator Artikel Blog Ilegal
Seminggu kemudian Blogger TuneUp mengunjungi sang blogger tersebut, sungguh diluar dugaan, kaget plus kecewa ternyata sudah hampir seperempat artikel Blogger TuneUp sudah diterjemahkan kedalam Bahasa Inggris. Kemudian saya melakukan konfirmasi mengenai maksud dan tujuannya melakukan penterjemahan artikel tanpa memberitahu atau ijin terlebih dahulu, jawabannya sederhana "Dia ingin bergabung dengan program Google Adsense". Setelah kejadian tersebut Blogger TuneUp segera melakukan tindakan preventif untuk mencegah proses terjemahan lebih lanjut dan bisa mematikan ide sang blogger. Berikut ini tindakan Blogger TuneUp untuk mencegah proses terjemahan secara ilegal.

1. Dengan menggunakan Meta Tag
Metode ini cukup efektif untuk mencegah translate dengan Google Translator, teknik ini akan mencegah penterjemahan semua konten yang ada pada blog kita. Tambahkan kode Meta Tag dibawah kode <head>:
<meta name="google" value ="notranslate">

2. Dengan menggunakan Class
Metode ini akan mencegah proses translator pada beberapa bagian blog saja, bagian yang akan diblok untuk proses translator harus ditambahkan kode seperti dibawah ini:
Kirim email ke <span class="notranslate">penjualan at gmail dot com</span>
Kata penjualan at gmail dot com tidak akan diterjemahkan oleh Google Translator.

Informasi ini berasal dari Google sendiri, silahkan baca disini.

Hal ini Blogger TuneUp lakukan karena merasa perlu untuk melindungi artikel berbahasa Indonesia, dan kita sebagai para Blogger Indonesia harus bangga dengan bahasa kita. Mari lindungi artikel kita! Untuk perlindungan artikel blog lebih lanjut silahkan baca disini (cegah copy paste artikel). Happy Blogging :)