Friday, March 16, 2012

Konsep Dasar dan Basic Belajar CSS

Posted by dav On 10:15 AM
Konsep Dasar dan Basic Belajar CSS
Konsep Dasar dan Basic Belajar CSS
Konsep Dasar dan Basic Belajar CSS ~ Belajar dari Dasar tentang Css merupakan pikiran saya diawal mengenal sedikit tentang CSS. Walau sampai saat ini juga masih tahap belajar dan terus kesana kemari mengkopi dan mengedit referensi dari blog orang lain.

Belajar CSS memang bagi sebagian orang cukup sulit, namun jika ditekuni tidak satu bulanpun sudah cukup mengerti struktur pemasangan dan script yang ada pada CSS.

Sebuah CSS (cascading style sheet) berkas memungkinkan Anda untuk memisahkan situs web Anda (X) HTML konten dari gaya bawaan seperti biasa Anda gunakan file HTML untuk mengatur konten, tetapi semua tampilan (font, warna, latar belakang, perbatasan, format teks, efek link & seterusnya ...) kini kita akan buat dengan CSS.

Pada titik ini Anda memiliki beberapa pilihan cara menggunakan CSS, baik secara internal maupun eksternal.


Internal Stylesheet
Pertama kita akan membahas metode internal.Dengan cara ini Anda hanya menempatkan kode CSS dalam <head> ..... </ head> tag dari setiap file HTML (X) dimana Anda ingin membuat gaya dengan CSS.
Format ini ditunjukkan pada contoh di bawah.

<head>
<title><title>
<style type=”text/css”>
CSS Content Goes Here
</style>
</head>
<body>
Dengan metode ini setiap file (X) HTML berisi kode CSS yang dibutuhkan untuk gaya setiap halaman. Yang berarti bahwa setiap perubahan yang Anda ingin membuat untuk satu halaman, harus dapat dilakukan untuk semua. Metode ini bisa baik jika Anda menggunakan untuk gaya hanya satu halaman, atau jika Anda ingin halaman yang berbeda [Blogazine] untuk memiliki berbagai gaya. 



Eksternal Stylesheet
Berikutnya kita akan membahas metode eksternal. Sebuah file CSS eksternal dapat dibuat dengan editor teks atau HTML seperti "Notepad" atau "Dreamweaver". Sebuah file CSS tidak berisi (X) HTML, hanya CSS. Anda cukup simpan dengan ekstensi file. Css. Anda dapat membuat link ke file eksternal dengan menempatkan salah satu link berikut di bagian header setiap file HTML (X) yang ingin anda gunakan berhaya dengan file CSS.

<link rel=”stylesheet” type=”text/css” href=“Path To stylesheet.css” />
Atau Anda juga dapat menggunakan metode @ import seperti ditunjukkan di bawah

<style type=”text/css”>@import url(Path To stylesheet.css)</style>
Salah satu dari metode ini dicapai dengan menempatkan satu atau yang lain di bagian header seperti ditunjukkan pada contoh di bawah ini.
<head>
<title><title>
<link rel=”stylesheet” type=”text/css”href=”style.css” />
</head>
<body>
<head>
<title><title>
<style type=”text/css”> @import url(Path To stylesheet.css) </style>
</head>
<body>
Dengan menggunakan style sheet eksternal, semua file Anda (X) HTML file link ke satu file CSS untuk style halaman. Ini berarti, bahwa jika Anda perlu untuk mengubah desain dari semua halaman Anda, Anda hanya perlu mengedit satu file css. Untuk membuat perubahan global di seluruh situs web.

Berikut adalah beberapa alasan ini lebih baik.
  • mudah Perawatan
  • Mengurangi Ukuran File
  • Mengurangi Bandwidth
  • Peningkatan Fleksibilitas
Oke kawand sekiand dulu Perkenalan dasar CSS diatas.
Selamat berkarya. ^_^