Wednesday, March 17, 2010

Menambahkan Catatan Kaki pada Artikel Blog

Posted by dav On 4:12 AM
Menjawab pertanyaan sekaligus permintaan dari beberapa pembaca setia Blogger Tune-Up, maka tips-n-trik kali ini tentang catatan kaki. Catatan kaki adalah daftar keterangan khusus tentang suatu sumber artikel atau keterangan yang digunakan untuk memperkuat artikel kita yang diambil dari suatu sumber yang dituliskan pada bagian bawah setiap akhir halaman artikel atau pada akhir bab[1]. Dan biasanya catatan kaki dipergunakan pada suatu karya ilmiah, tetapi tidak menuntup kemungkinan untuk karya tulis-karya tulis lainnya, misal pada artikel blog. Catatan kaki merupakan suatu bentuk penghargaan terhadap karya orang lain yang kemudian kita kutip pada artikel kita dan catatan kaki juga merupakan bagian dari kode etik penulisan suatu artikel.
Menambahkan Catatan Kaki pada Artikel Blog
Catatan kaki harus memenuhi ketentuan sebagai berikut :
  • Harus dapat mengidentifikasikan orang yang membuat karya tulis atau pernyataan tersebut.
  • Harus dapat mengidentifikasikan media komunikasi tempat karya atau pernyataan itu dimuat atau disampaikan.
  • Harus dapat mengidentifikasikan lembaga atau tempat yang menerbitkan karya atau penyataan tersebut.
Begitulah sekilas tentang catatan kaki, mohon ma'af jika ada kesalahan dan mohon dikoreksi, maklum saya bukan ahli bahasa... (mode bingung, salah apa bener ya?). Sebenarnya untuk membuat catatan kaki sangatlah mudah, karena teknik ini pernah dibahas sebelumnya pada artikel "Memahami Tag Anchor". Tapi ternyata hal itu tidak dapat diterapkan pada artikel blogger, masalahnya sebagai berikut:
  1. Jika kita menggunakan tanda "/" pada artikel blog maka blogger dengan otomatis akan menambahkan link http://www.blogger.com/.
  2. Jika kita menggunakan tanda "#" pada artikel blog maka blogger akan mengidentifikasi tanda tersebut sebagai alamat URL blog kita.

Menambahkan Catatan Kaki pada Artikel Blogger

Perhatikan contoh berikut!

Bagi kami pendidikan segala-galanya. Saya mau hidup kekurangan, tetapi pendidikan nomor urut satu. Pendidikan adalah sesuatu yang tidak bisa diambil dari kita. Kalau jabatan, harta, bisa dicopot.[1]

Catatan kaki:
[1] Wawancara Kompas dengan Dr. R. Moh. Marty M. Natalegawa, Minggu 11 Desember 2005

Ketika pembaca meng-klik link tanda [1] maka pembaca akan dibawa ke bagian catatan kaki pada bagian bawah artikel yang merupakan sumber dari artikel tersebut, dan jika pembaca mengklik link pada catatan kaki yang merupakan keterangan dari tanda [1] maka halaman baru akan terbuka yang merupakan alamat URL dari sumber artikel. Itu mungkin skenario dari catatan kaki.
Kode yang digunakan untuk tanda [1] pada artikel seperti dibawah ini:
<sup><a href="#footnote">[1]</a></sup>
  • Tag sup digunakan untuk membuat pemangkatan sehingga tanda [1] akan menjadi [1], tanda yang akan dipangkatkan harus diapit tag <sup>...</sup>.
  • Tag a digunakan sebagai tag anchor untuk mengaitkan pada suatu sumber, tanda yang akan diberikan anchor harus diapit tag <a>...</a> (untuk lebih mengenal tag anchor silahkan baca disini)
Tetapi jika anda hanya menggunakan tag seperti diatas maka secara otomatis blogger akan memberikan URL halaman utama blog kita sehingga kode menjadi seperti dibawah ini:
<sup><a href="http://modification-blog.blogspot.com/#footnote">[1]</a></sup>
Hal ini justru akan mengarahkan pembaca pada link halaman utama blog kita, bagaimana mengatasi masalah ini?
  • Terbitkan dulu artikel yang akan ditambahkan catatan kaki
  • Ambil (copy) URL artikel yang baru saja kita terbitkan
  • Kembali lagi ke post editor (mode Edit HTML) artikel yang baru saja kita terbitkan
  • Masukan (paste) URL artikel (yang diblok) yang sudah kita ambil pada kode tag catatan kaki seperti dibawah ini:
<sup><a href="http://modification-blog.blogspot.com/2010/03/menambahkan-catatan-kaki-pada-artikel.html#footnote">[1]</a></sup>
Lalu bagaimana menghubungkan antara tanda [1] dengan catatan kaki?
Masukan nama anchor pada tanda [1] yang berada dibawah catatan kaki, seperti dibawah ini:
<a name="footnote">[1]</a> <a href="http://dedehedriono.blogspot.com/" target="_blank">Wawancara Kompas dengan Dr. R. Moh. Marty M. Natalegawa, Minggu 11 Desember 2005</a>
  • Kode name="footnote" digunakan untuk memberikan nama tag anchor agar dikenali oleh tag href="#footnote"
  • Kode <a href="http://dedehendriono.blogspot.com/" target="_blank"> adalah URL tujuan sumber artikel

Sehingga jika di bongkar kode pada contoh artikel diatas adalah sebagai berikut:

Bagi kami pendidikan segala-galanya. Saya mau hidup kekurangan, tetapi pendidikan nomor urut satu. Pendidikan adalah sesuatu yang tidak bisa diambil dari kita. Kalau jabatan, harta, bisa dicopot.<sup><a href="http://modification-blog.blogspot.com/2010/03/menambahkan-catatan-kaki-pada-artikel.html#footnote">[1]</a></sup>

Catatan kaki:
<a name="footnote">[1]</a> <a href="http://dedehendriono.blogspot.com/" target="_blank">Wawancara Kompas dengan Dr. R. Moh. Marty M. Natalegawa, Minggu 11 Desember 2005</a>

Keterangan:
  • Untuk memasukan berbagai kode maka post editor harus dalam mode Edit HTML
Catatan kaki:
[1] Wikipedia Footnote