Monday, November 16, 2009

Membuat Widget Daftar Isi

Posted by dav On 4:25 AM
Beberapa hari ini Blogger TuneUp standby tanpa artikel-artikel maupun-maupun trik baru, hal ini dikarenakan kesibukan di darat (dunia nyata). Berbagai upaya dilakukan untuk kembali aktif nge-blog tapi nyatanya tetap saja tidak bisa dilakukan. Dalam waktu yang begitu sempit Blogger TuneUp mencoba menyajikan tips dan trik yang sudah lama dibuat tapi baru kali ini bisa di publish. Mudah-mudahan bukan merupakan tips trik basi atau tertinggal jaman.
Tips trik kali ini akan membahas tentang "Membuat Widget Daftar Isi", sedikit berbeda dengan tips trik membuat daftar isi yang pernah dibuat sebelumnya, seperti membuat tabel daftar isi dan membuat daftar isi pada halaman artikel. Kali ini pemasangan daftar isi sangatlah sederhana, hanya cukup menambahkan kode pada gadget/widget HTML, maka dengan otomatis artikel akan disusun sesuai dengan tanggal pembuatan artikel tanpa perlu memasukan judul artikelnya satu persatu. Lebih sederhana, mudah dan otomatis. Mau mencoba???
Membuat Widget Daftar Isi

Membuat Gadget Daftar Isi

Langkah 1
Login ke Blogger
Langkah 2
Masuk ke "Tata Letak - Elemen Halaman"
Langkah 3
"Tambah Gadget" baru dengan type "HTML/JavaScript"
Langkah 4
Tambahkan kode dibawah ini:
<div style="border: 1px solid #000; overflow: auto; height: 220px;">
<script style="text/javascript" src="http://URL/daftar_isi.js"></script>
<script style="text/javascript">
var numposts = 1000;
var showpostdate = false;
var showpostsummary = false;
var numchars = 100;
var standardstyling = true;
</script>
<script src="/feeds/posts/default?orderby=published&alt=json-in-script&max-results=999&callback=showrecentposts"></script>
</div>
Langkah 5
Simpan Gadget

Keterangan:
  • border: 1px solid #000 : Ubahlah border sesuai dengan keinginan anda
  • height: 220px : Ubah nilai 220px untuk mengatur tinggi widget daftar isi
  • Jika ingin menampilkan daftar isi sesuai dengan label/kategori tertentu silahkan tambahkan kode /-/Label sehingga menjadi seperti kode dibawah ini (ganti Label dengan kategori yang ingin ditampilkan):

<script src="/feeds/posts/default/-/Label?orderby=published&alt=json-in-script&max-results=999&callback=showrecentposts"></script>

Selamat mencoba semoga berhasil... Tinggalkan jejak anda dan Happy Blogging :)