Thursday, June 25, 2009

SEO Friendly Meta Tags

Posted by dav On 3:00 AM
Judul artikel ini maksudnya kita akan mencoba membuat tag meta yang mudah di kenali oleh mesin pencari (Search Engine), teknik yang seperti ini biasanya oleh para master blogger di sebut teknik Search Engine Optimization disingkat menjadi SEO. Sehingga judul artikelnya menjadi "SEO Friendly Meta Tags", ya sambil belajar bahasa Inggris, walaupun belum secara keseluruhan memakai bahasa Inggris sampai isi artikelnya, minimal judulnya saja dulu.
SEO sering disebut-sebut sebagai teknik rumit untuk meningkatkan traffic (banyaknya jumlah kunjungan) terhadap blog kita, supaya blog kita memiliki Ranking bagus di hadapan mesin pencari, efeknya SERP (Search Engine Result Page) blog kita masuk dalam General SERP mesin pencari tersebut. (Walah apa maksudnya...?). SERP adalah singkatan dari Search Engine Result Page yang dalam bahasa kita diartikan posisi hasil pencarian halaman atau alamat weblog-website pada mesin pencari, sederhananya jika kita memasukan kata kunci pada mesin pencari misal "Blogger Tune-Up" maka mesin mencari akan menampilkan halaman atau alamat weblog atau website dalam susunan yang unik, nah halaman atau alamat website-weblog yang ada pada posisi halaman awal disebut weblog-website yang bagus SERP-nya sesuai dengan kata kunci tersebut. Tetapi belum tentu bagus SERP-nya dengan kata kunci lain. (Mengerti anak-anak?)
Teknik-teknik yang digunakan para master supaya weblog-website-nya masuk dalam halaman awal pencarian sesuai dengan kata kunci yang unik disebut dengan teknik SEO. Lebih jauh mengenai Teknik SEO dan SERP akan dibahas dalam artikel terpisah. (Ma'af ya anak-anak karena waktunya sudah selesai, maka pertemuan kali ini sampai disini saja. Kapan meta tags-nya pa guru?) Meta tags merupakan salah satu faktor penting dalam teknik SEO. Langsung kepokok judul artikel tanpa penjelasan apa itu meta tags, Insya Allah dalam waktu dekat dibahas tuntas tentang meta tags. Sekarang langsung ke pemasangan meta tags dalam blog.

Langkah 1
Login ke Blogger
Langkah 2
Masuk ke bagian "Tata Letak - Edit HTML"
Langkah 3
Cari kode dibawah ini :
<head>
Langkah 4
Letakan kode meta dibawah ini tepat dibawah kode langkah 3 :
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
<meta content='Isi dengan deskripsi blog' name='description'/>
</b:if>
<meta content='Isi dengan kata kunci blog' name='keywords'/>
<meta content='text/html; charset=UTF-8' http-equiv='Content-Type'/>
<meta content='true' name='MSSmartTagsPreventParsing'/>
<meta content='blogger' name='generator'/>
<meta content='noodp' name='robots'/>
<meta content='Isi dengan nama author' name='author'/>
<meta content='Isi dengan pemilik copyright' name='copyright'/>
<meta content='index, follow' name='robots'/>
<meta content='id' name='language'/>
<meta content='id' name='geo.country'/>
<meta content='global' name='distribution'/>
<meta content='1 days' name='revisit-after'/>
<meta content='Indonesia' name='geo.placename'/>
Langkah 5
Simpan Template, dan tunggu 1 sampai 7 hari hasilnya pada mesin pencari.

Keterangan :
Baris perbaris kode meta tag pada langkah 4 akan diupdate mengenai penjelasannya, masih dalam artikel ini. (Ma'af sedang malas ngetik...)