Monday, November 17, 2008

Sesuai janji saya pada posting Apa dan Siapa HaloScan, sekarang kita akan mencoba memasangnya pada Blogger. Tapi harap diperhatikan resiko yang bakal kita tanggung, saya mencoba mengulangi resiko yang akan kita tanggung :
  • Kehilangan komentar default yang pernah ada sebelum pemasangan HaloScan dan otomatis kita kehilangan linkback.
  • Setiap komentar yang diberikan oleh blogger lain secara otomatis hanya akan dilinkback ke HaloScan bukan ke blogger kita, ini justru akan meningkatkan trafik ke HaloScan.
  • Komentar yang sudah ada ketika HaloScan sudah terpasang akan dihapus total karena database disimpan pada HaloScan bukan disimpan pada blog kita. Ini berarti ketika kita menghapus HaloScan yang akan muncul adalah komentar sebelum pemasangan HaloScan sedangkan komentar sesudah pemasangan HaloScan akan dihapus.
Berikut langkah pemasangan komentar dari HaloScan :
Langkah 1
Login ke Blogger
Langkah 2
Backup/Download terlebih dahulu template anda melalui menu "Tata Letak - Edit HTML" dan klik link "Download Template Lengkap" kemudian simpan dalam komputer anda.
Langkah 3
Buatlah Account baru di HaloScan disini, kemudian pilih Signup Now!. Isi data-data yang diperlukan.
Langkah 4
Loginlah ke HaloScan dengan Account yang baru saja anda buat lalu klik "Install"
Langkah 5
Klik "Blogger or Blogspot (New Version / Google Login) - NEW Automatic install available!". Hilangkan tanda Check "Display trackback code" dan "Display rating stars". Kemudian Klik "Next>>"
Langkah 6
Masukan template yang sudah kita download (lihat Langkah 2) melalui tombol "Choose..." dan klik "Upload Blogger Template", tunggu beberapa saat, HaloScan sedang melakukan pemasangan Script pada template blog kita.
Langkah 7
Klik "Download New Template" dan simpan pada komputer kita. (Minum dulu...)
Langkah 8
Login kembali ke blogger (jika tadi sudah Logout)
Langkah 9
Masuk lagi ke menu "Tata Letak - Edit HTML", klik tombol "Browse" dan kemudian klik tombol "Unggah". Tunggu proses pemasangan template modifikasi dari HaloScan sampai keluar "Perubahan telah disimpan". Sampai disini anda sudah berhasil.
Langkah 10
Check komentar anda, jika tampil kotak komentar dibawah artikel berarti anda sudah berhasil...
Perhatian!
  • Ingatlah bahwa kekuatan blog bukan hanya pada komentar tetapi pada kekuatan konten/isi materi blog kita, komentar hanya sebagai penunjang trafic.
  • HaloScan menurut websitenya menggunakan Plugin Akismet yang biasa digunakan pada Wordpress yang sudah teruji kekuatannya untuk menghalau Spam.
  • Meningkatkann trafic blog bukan seberapa jumlah komentar yang ada tetapi seberapa banyak orang mengunjungi blog kita.
  • Komentar dari HaloScan lebih mudah dimanajemen karena merupakan fasilitas yang terpisah dari blogger.
  • Semua diatas berlaku pada baru-baru ini, entah kedepan jika telah diadakan penyempurnaan oleh pihak HaloScan.
Dalam artikel mendatang kita akan bahas cara mengembalikan blogger template setelah pemasangan HaloScan secara manul. Happy Blogging :)