Bismillah. Apa sih maksudnya? jQuery apa lagi? Mungkin itu yang terlintas dibenak sahabat blogger dengan judul artikel kali ini. Judul artikelnya menggunakan bahasa Inggris bukan karena ingin di sebut "Nginggris" tapi memang agak sulit untuk kemudian menterjemahkannya kedalam bahasa Indonesia. Ide-nya muncul dari selembar kertas bungkus jajanan gorengan dikantin hari ini. Saat perut lapar kemudian masuk kekantin untuk membeli beberapa lembar goreng-gorengan dengan harga kurang dari Rp. 5000,- kemudian di bungkus dengan secarik kertas yang sudah digunting rapih hingga sebagian artikel hilang. Sambil makan gorengan aku baca-baca artikel bungkus gorengan tersebut dengan judul cukup membuat penasaran "Memelihara Sebuah Merk". Dengan santainya aku baca artikel tersebut tanpa keseriusan, bahkan sambil berkelakar dengan teman. Hingga akhirnya bacaan dalam hati ini terhenti pada satu singkatan pendek "STP" dalam kurungnya (segmentation, targeting dan positioning). Terpancinglah otak blogger-ku untuk mengimplementasikan STP pada blog.
Segmentation
Jika anda adalah blogger dan kemudian berencana ingin menciptakan agar blog kita menjadi terkenal dengan jumlah pengunjung jutaan sehari maka hal yang terpenting adalah menentukan tema artikel utama blog kita untuk para pengunjung. Tema disini dimaksudkan agar pengunjung blog kita menjadi fanatik dengan artikel-artikel yang kita buat karena mereka yang berkunjung adalah orang-orang tertentu/khusus. Misal tema tentang JavaScript, jQuery, Mootools, XHTML, CSS, Elektronik, Otomotif, atau yang sesuai dengan keahlian anda didunia maya atau dunia nyata. Hindari membuat tema yang berisi informasi tak karuan, acak-acakan dan tak jelas target pembacanya. Segmentation adalah menentukan tema utama blog dengan segmen (cakupan target pembaca) pada jenis atau kategori tertentu.
Salah satu kesalahan blogger Indonesia adalah masalah tema blog yang topiknya tidak menentu dan tidak jelas cakupan target pembacanya, sehingga menggunakan trik yang cukup "jorok" untuk memancing (baca: memaksa) pembaca agar berkunjung ke blog miliknya. Blogwalking adalah salah satu cara yang paling banyak digunakan oleh para Blogger Indonesia untuk mengajak blogger lain berkunjung. Pada mulanya blogwalking dilakukan untuk mencari dan menemukan informasi menarik yang digunakan untuk memicu ide-ide segar dalam otak kita. Atau ada juga yang menyebutkan bahwa blogwalking dilakukan untuk memberikan apresiasi terhadap artikel sahabat blogger lain. Tapi kemudian kegiatan blogwalking dilakukan hanya untuk memancing (baca; memaksa) blogger lain agar berkunjung ke blog kita, sehingga komentar-komentar yang ditinggalkan pada blog kita hanya sebagai suatu balasan tanpa maksud dan tidak terencana setelah melihat dan membaca artikel-artikel yang dibuat kurang begitu bermutu dan tanpa arah.
Targeting
Targeting adalah menentukan jumlah pengunjung untuk blog kita pada periode tertentu. Hal ini penting agar kita dapat mengetahui seberapa populer dan penting blog kita dimata para pengunjung. Buatlah target jumlah pengunjung para periode tertentu, hal ini digunakan sebagai salah satu instrumen bahan evaluasi pada blog kita, sehingga pada periode tertentu kita dapat menemukan kekurang-kekurangan yang harus diperbaiki pada blog kita, baik itu dari sisi mutu artikel maupun dari sisi layout. Perhatikan para pengunjung blog kita apakah berasal dari satu alamat ataukah dari berbagai alamat yang silih berganti dan berubah-ubah dalam periode tertentu. Jika para pengunjung yang datang kebanyakan berasal dari satu alamat tertentu dan tidak berubah-ubah pada periode tertentu maka ini salah satu instrumen bahwa blog kita bermanfaat dan penting bagi mereka. Tapi jika para pengunjung berasal dari berbagai alamat yang berubah-ubah pada periode tertentu maka hati-hatilah karena ini merupakan indikasi bahwa blog kita kurang bermanfaat dan tidak penting bagi para pengunjung walaupun bisa saja jumlah pengunjung dalam jumlah banyak setiap harinya. Segera lakukan evaluasi pada blog kita dengan berbagai pertanyaan "mengapa", jika kita mau terus berusaha mengevaluasi maka suatu hari blog anda akan masuk dalam kategori profesional saat kita sendiri sebagai pemilik tidak/belum menyadarinya.
Positioning
Positioning adalah memperhatikan posisi blog kita saat ini baik dimata pengunjung ataupun dimata mesin pencari. Hal ini juga penting secara internal maupun eksternal agar kita dapat dengan mudah mengevaluasi kekurangan blog kita. Jika posisi blog kita saat ini bagus dari sisi jumlah kunjungan maupun dari sisi mesin pencari maka itu menandakan bahwa blog kita cukup unik dan khusus. Secara internal positioning sangat berpengaruh terhadap semangat pemilik blog untuk terus menulis artikel dan memperbaiki kualitas artikelnya. Secara eksternal positioning juga berpengaruh terhadap jumlah kunjungan karena para pengunjung akan merasa menemukan suatu blog yang unik dan khusus yang sangat cocok bagi mereka.
Terus pantau posisi blog kita agar kita dapat terus meningkatkan kualitas blog kita serta bandingkan (compare) posisi blog kita dengan blog-blog yang sejenis agar kita dapat menemukan keunikan yang harus di tonjolkan pada blog kita. Untuk melakukan perbandingan antara blog kita dengan blog kompetitor bisa menggunakan situs-situs penyedia layanan compare seperti Google dan Alexa.
Jika kita mampu merumuskan STP dengan baik bukan tidak mungkin blog kita akan menjadi blog yang profesional dan berujung dengan penghasilan yang bukan saja lumayan tapi muantaaap! Karena STP adalah salah satu faktor marketing yang bertujuan untuk mempopulerkan blog kita dan memposisikan blog kita sebagai blog yang profesional. Mari terus belajar untuk menggunakan tips dan trik yang bersih. Blog kita adalah rumah kita dan produk kita, memperhatikan dan merawatnya berarti juga memperbaiki kehidupan kita. Insya Allah...
Happy Blogging :)